Sabtu, 21 Agustus 2010

pemimpin, pimpinan dan kepemimpinan


Pemimpin adalah orang yang bertanggungjawab dengan segala kesadarannya untuk menjaga amanah yang diberikan kepadanya, yang berani mengambil resiko untuk kepentingan umum meski dirinya sendiri harus menderita. Seorang pemimpin harus berani tegakan amar ma’ruf nahi munkar dan menerima untuk dikritik, seorang pemimpin tidak akan berani berkata saya capek saya mau istirahat ketika memang belum terasa keadilan dan kesejahteraan yang dirasakan mayarakat.

Dan pemimpin itu tidak akan menjual keadilan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, sehingga meski emas sebesar dunia ini diberikan ia tidak akan goyah untuk takut melakukan amar ma’ruf nahi munkar. kadang 2 tidak terikat struktural, informal.
Pemimpin dapat dibedakan dalam 2 arti :
- Pemimpin arti luas, seorang yang memimpin dengan cara mengambil inisiatif tingkah laku masyarakat secara mengarahkan, mengorganisir atau mengawasi usaha-usaha orang lain baik atas dasar prestasi, kekuasaan atau kedudukan.
- Pemimpin arti sempit, seseorang yang memimpin dengan alat-alat yang menyakinkan, sehingga para pengikut menerimanya secara suka rela.
TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN :
Menentukan tujuan pelaksanaan kerja yang realitas.
Mendelegasikan wewenang apabila diperlukan
Menghilangkan hambatan untuk pelaksanaan pekerjaan yang efektif .
SIFAT_SIFAT SEORANG PEMIMPIN :
Keinginan untuk menerima tanggung jawab.
Kemampuan untuk bias perspective.
Kemampuan untuk bias bersifat objectif.
Kemampuan untuk bias menentukan prioritas.
Kemampuan untuk berkomunikasi.
Pimpinan adalah otoritas tertinggi dalam satu komunitas/kelompok,
dari segi hirarki organisasi, pimpinan biasanya lebih memiliki wewenang yang lebih tinggi, kata "pimpinan "dalam perusahaan mungkin lebih bisa diartikan sebagai direktur, komisaris atau sepadannya yang membawahi beberapa manajer.

TUGAS DARI SEORANG PIMPINAN :
- Pimpinan sebaiknya memahami sifat dan tingkah laku stafnya.
- Pimpinan sebaiknya membuat pekerjaan lebih menarik bagi seluruh staf.
- Pimpinan memahami bahwa teguran dan perintah sebagai alat komunikasi yang baik.
- Pimpinan sebaiknya membuat staf semakin dewasa.
- Pimpinan sebaiknya dapat bertindak sebagai konselor dan pelatih bagi stafnya.
- Pimpinan sebaiknya menghindari sikap yang dapat mematikan motivasi staf.
- Pimpinan sebaiknya bisa memberikan kritik yang membangun.
- Pimpinan sebaiknya memberikan kiat-kiat bagaimana staf dapat memotivasi diri.
- Pimpinan sebaiknya memberikan sikap dan perilaku teladan.
- Pimpinan sebaiknya juga berkenan melakukan melakukan hal-hal kecil yang membuat staf merasa bangga.

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain melalui komunikasi baik langsung maupun tidak langsung dengan meksud untuk menggerakan orang-orang tersebut agar penuh pengertian, kesadaran dan senag hati bersedia untuk megikuti kehendak pemimpinnya itu.. Kepemimpinan timbul karena adanya kepengikutan yang melakukan kerjasama dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama

Memiliki bakat kepemimpinan berarti mampu manguasai seni atau teknik untuk melakukan tindakan seperti teknik memberiakn perintah, memberikan teguran, memberikan anjuran, memberi pengertian, memperkuat identitas kelompok yang dipimpin, memudahkan pendatang atau karyawan baru untuk bias menyesuaikan diri, menanamkan rasa disiplin di kalangan bawahan, serta membasmi desas desus.

Kepemimpinan timbul karena adanya kepengikutan yang melakukan kerja sama dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama.

Kegiatan seorang pemimpin adalah membimbing, mengontrol, dan mengarahkan tindakan orang lain untuk menuju suatu sasaran tertentu.

WEWENANG KEPEMIMPINAN :
TOP-DOWN Authority :
Diperlukan apabila tingkat koordinasi dan pengawasan yang layak perlu dicapai.
BOTTOM-UP Authority :
Para bawahan memiliki respek pribadi terhadap pemimpin karena orang tersebut seorang wakil yang mewakili nilai-nilai yang mereka anggap penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar